YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 17 Mei 2012

snmptn undangan ga dapet? so what??

gatau kenapa pengen cerita tentang kegagalan snmptn undangan gw, kata orang sih kegagalan seseorang bisa jadi pelajaran untuk keberhasilan. singkatnya, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda :)

tepat hari ini (kayaknya) pengumuman snmptn undangan resmi diumumkan.
2011, tahun gw, adalah pemberlakuan snmptn undangan pertama kali, seolah-olah angkatan gw jadi angkatan percobaan trus dari dulu, contohnya pas SMA pemberlakuan 5 paket UAN. Berubah-berubahnya sistem pendidikan di Indonesia, kayaknya sih cermin dari "kegalauan" pemerintah sendiri. Ganti pemimpin, ganti pula segala sistem pemerintahan Indonesia, terutama pendidikan. *eh

padahal pendidikan itu awalnya dirintis oleh Ki Hajar Dewantara untuk memperjuangkan hak seluruh rakyat Indonesia untuk merasakan pendidikan, sehingga Indonesia bisa mandiri, bebas dari penjajahan. Salah satu cerminannya adalah perguruan tinggi yang ada itu satu tujuan, yaitu memberikan kesempatan untuk pelajar Indoensia untuk merasakan pendidikan Indonesia.

namun, saat ini?? pendidikan Indonesia berada di ambang "komersialisasi". apa itu?? ya, pendidikan digunakan untuk meraih kekayaan sebesar-besarnya. contohnya? RSBI atau SBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) yang menjanjikan sistem dengan mengutamakan fasilitas yang memadai sebagai penunjang pendidikan, padahal penunjang pendidikan yang paling utama itu adalah tenaga pendidik, bukan fasilitas. Tampaknya juga, RSBI itu hanya sebagai meraih eksistensi, karena kualitas RSBI dan reguler di beberapa sekolah tidak jauh berbeda.

komersialisasi pun menjarah ke perguruan tinggi. perguruan tinggi terus menggalakkan titel "world class university", bagus sih, tapi tampaknya titel yang dimaksud adalah titel secara kualitas fisik, bukan kualitas lulusannya. Kualitas gedung memang sangat bagus, namun kualitas mahasiswa masih dipertanyakan. sehingga, "komersialisasi" pun menjadi jalannya. Ini seperti menyaring calon mahasiswa bukan dari segi kualitas kecerdasan, namun dari segi kuantitas uangnya.

eh kok jadi ngomongin politik ya? maklum deh, anak mipa passion politik :P
balik lagi ke topik..

jadi snmptn undangan gw milih kedokteran ui, teknik kimia ui, ama kimia ui, trus ama itb gw lupa jurusannya. pas tanggal 17 Mei pengumuman undangan diumumin di situs resmi snmptn undangan. dan gw ga keterima ...

sakit hati sih, ngarepin undangan biar tenang trus gausah belajar lagi hahaha..
tapi kalo gw keterima, gw ga bakal ngerasain nikmatnya dapetin apa yang gw pengenin dengan keringet sendiri. bimbel sana sini, belajar pagi malem, siang sore kongkow lah ya :D

jadi sebelum snmptn undangan, orangtua nyaranin gw buat daftar universitas swasta, sebut Universitas Yarsi. kenapa? soalnya sodara2 gw merekomendasiin ke orangtua gw. ya, gw sebenernya gamau, karena biaya kuliahnya itu, masuk aja 200juta, per semester 70 juta. stress kan -,- ohiya itu biaya masuk kedokterannya...

gw disuruh ikut ujian tulisnya, ya gw ikut aja, gamau bantah orangtua. dan ... keterima ... antara alhamdulillah dan astaghfirullah.. alhamdulillah, gw udh bikin orangtua tenang seenggaknya gw abis SMA ga nganggur, astaghfirullahnya, gw ga ngebayangin bayar kuliah segitu uang orangtua -,- dan gw bakal jadi beban berat harus sukses kuliahnya dengan niatan gamau ngecewain orangtua yang udah bayar uang segitu...

pas ga keterima undangan, orangtua gw ngomong, "untung ya udah keterima di Yarsi, jadi seenggaknya kamu ga nganggur".. gw cuma bisa diem, dan ngomong dalem hati, "ga, gw ga boleh tenang, gw harus masuk univ negeri, tepatnya UI"..

tapi yang gw bingung adalah, gw harus dapet kedokteran UI di snmptn tulis, soalnya bokap gw pengen banget gw masuk kedokteran. what the .. -,- berat men, otak gw ganyampe -,-

namun dengan segala cara, gw berusaha ngeyakinin kalo kedokteran bukan segalanya ke bokap gw, tp tetep bokap bilang kedokteran yang terbaik -,- .. ya, debat panjang sepanjang belajar buat snmptn tulis.. dan bokap gw terus ngomong, "udah Yarsi aja udah, masalah bayaran, kamu gausah pikirin".. gw cuma diem, dan ngomong dalem hati, "ga, gw harus bisa masuk UI, HARUS"

dan sekarang, gw udah berada di Kimia MIPA UI men..
masalah bokap gw?? alhamdulillah bokap gw ridho.. :)

sekian..
semoga bermanfaat, terutama buat adek kelas yang bentar lagi mau liat pengumuman snmptn undangan :)

0 komentar: