YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 24 Maret 2011

always remember step 1

kembali lagi bersama spons tetap di blog spons tercinta, sponsfaisal.blogspot.com yang selalu menyajikan pendapat-pendapat terhangat langsung dari sumber aslinya, yaitu spons itu sendiri.. kali ini spons akan menyajikan pendapat mengenai step 1, ya sesuai artinya yaitu langkah pertama atau garis start..

setiap hal yang kita lakukan pasti melalui yang namanya permulaan, langkah awal, atau garis start.. apapun itu, baik belajar, berlari, beraktivitas lainnya membutuhkan permulaan.. permulaan itu menjadi sebuah hal penting karena dari permulaan itulah akan berlanjut ke kelangsungan kegiatan yang akan kita lakukan. tanpa adanya suatu permulaan, tak akan ada kata sulit, tak akan ada kata akhir..

dalam berkehidupan sehari-hari, kata permulaan sudah sangat familiar buat kita, dalam sebuah diskusi misalnya, 'eh kita langkah awalnya ngapain nih?' atau dalam membuat sebuah karangan dalam bentuk karya tulis ataupun cerpen bahkan novel sekalipun, 'langkah awal yang harus gue tanamkan adalah ...'.. yah, beberapa hal di atas udah mencerminkan kalo langkah awal menjadi sebuah hal yang harus tertanam di otak untuk melanjutkan ke tahap-tahap berikutnya.

seorang pelari yang akan berlatih berlari ataupun udah dalam keadaan mengikuti sebuah lomba lari, akan menetapkan suatu garis start terlebih dahulu, walaupun dalam berlatih garis start itu ditentukan sendiri, tujuannya adalah agar pelari tersebut bisa mengukur kecepatan larinya dari hari ke hari. tanpa ada garis start, bagaimana ia bisa mengukur kecepatannya, karena jarak dianggap tak hingga, karena dia tidak menentukan garis start atau titik awal sebagai permulaan dia berlari. begitu pula dalam perlombaan, panitia terlebih dahulu sudah menentukan garis start untuk para pelari yang akan 'mengadu kaki' mereka.. tanpa ditentukannya sebuah garis start atau titik awal, maka bisa jadi ada pelari yang melakukan kecurangan dengan membuat garis start sendiri..

dalam mengerjakan soal-soal pun demikian, jika kita bingung 'ini soal gimana ngerjainnya?', dan sudah dijamin kita ga bakal bisa dapet jawaban akhir atau penyelesaian akhir, karena permulaannya aja kita ga tau mau ngapain, sehingga untuk proses pengerjaan selanjutnya menjadi nihil dan kita 'stuck' di soal itu..

dalam membuat sebuah karya tulis pun, dalam blog seperti spons buat ini, atau karya tulis lainnya, pasti membutukan sebuah langkah awal yaitu mendapatkan sebuah ide. tanpa adanya ide, pulpen hanya mengambang di udara tanpa menyentuh kertas sedikitpun dengan sedikit bergetar akibat gemetarannya tangan kita, atau bahkan bisa jadi pulpen itu terbang entah kemana dengan cepat.. dengan adanya ide, maka sebuah tulisan pun akan berkembang, akan terbentuk dengan sendirinya..

banyak sekali kejadian kejadian yang menggambarkan bahwa step 1 atau langkah awal, atau permulaan, atau garis start itu sendiri. yang penting adalah, kita selalu mengingat step 1 tersebut, apapun yang akan kita lakukan..

salam spons :D

0 komentar: